%A NIM.: 19104080073 Fani Saputri %O Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd. %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI CATURTUNGGAL 4 %X kurang bervariatif membuat proses pembelajaran kurang optimal. Sehingga, berdampak pula pada hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media Augmented Reality dalam pembelajaran IPA, serta untuk 2) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yang digunakan berupa Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VA dan VB SD Negeri Caturtunggal 4. Teknik sampling menggunakan teknik sempling jenuh dalam pengambilan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif dengan tipe multiple choice berbentuk pretest dan posttest serta instrumen nontes berupa lembar observasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik yaitu uji paired sample t-test dan Uji N-gain dengan bantuan SPSS 25 for windows dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa 1) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired simple t-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media Augmented Reality. Di mana H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian, 2) besar efektivitas penggunaan media Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada materi organ tubuh manusia berdasarkan hasil uji N-gain. Diperoleh bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen dengan menggunakan media Augmented Reality dalam pembelajaran IPA adalah sebesar 56,0604 atau 56% yang berarti berada pada kategori keterangan efektifitas N-gain yaitu cukup efektif. %K media pembelajaran, Augmented Reality; hasil belajar IPA. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib63850