%A NIM.: 04430962 MOHAMMAD IZZUDIN %O Pembimbing: 1. Hj. Sri Utami Zuliana, S. Si., M. Sc. 2. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc. %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA %X ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Hal-hal yang menjadi latar belakang penelitian adalah masih berjalannya pola pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru sedangkan siswa hanya sebagai objek pembelajaran, sehingga tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration/extention, dan Evaluation) berbantuan LKS untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Miftahul Falah Randusanga Kulon Brebes. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Falah Randusanga Kulon Brebes yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan setiap siklusnya, dengan rincian dua kali pemberian materi dengan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS dan satu kali tes evaluasi siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa, angket keaktifan siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil wawancara, catatan lapangan, hasil tes evaluasi siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS. Peningkatan keaktifan siswa ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aspek-aspek keaktifan siswa yang diteliti yaitu: (a) Listening activities sebesar 6,25 %, (b) Writing activities sebesar 18,75 %, (c) Oral activities sebesar 18,75 %, (d) Emotional activities sebesar 5,75 %, (e) Visual activities sebesar 43,75 %. Hanya aspek Mental activities yang tidak mengalami peningkatan. Besar rata-rata persentase peningkatan keaktifan siswa pada penelitian ini sebesar 15,54 %. div %K Learning cycle 5E , LKS, Keaktifan siswa, pembelajaran matematika %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6386