%0 Thesis %9 Masters %A Nakiah, NIM.: 19204010020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:63911 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K karakter religius; religius knowledge; pembentukan karakter %P 183 %T PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63911/ %X Perubahan zaman dan degradasi moral yang mengkhawatirkan menjadikan pembentukan karakter religius peserta didik penting untuk dilakukan, karena dengan bekal agama yang cukup akan memberikan peserta didik dasar yang kuat ketika akan bertindak. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa rata-rata orang tua peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap merupakan orang sibuk atau pekerja. Dengan demikian peran dari orang tua dalam mendidik anak menjadi sedikit dan ukurannya berkurang, sehingga butuh penguatan dan perhatian lebih serius dari sekolah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik dan strategi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI, koordinator keagamaan, koordinator kesiswaan, koordinator kurikulum, koordinator keputriaan, dan lima orang peserta didik. Pemilihan subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yang digunakan oleh Miles dan Hubermen yakni menelaah data yang telah dikumpulkan, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap paling banyak dikembangkan melalui aspek dimensi praktik ibadah yakni kegiatan muraja’ah, shalat dhuha, berdo’a, dzikir bersama, tadarus Al-Qur’an, tahsin, shalat dzuhur berjama’ah, shalat sunnah rawatib, muqayyam, serta qur’anic camp, selanjutnya dimensi pengamalan keagamaan melalui kegiatan infaq, jum’at berkah, ‘amil zilenial, dan 5S (senyum, salam sapa, sopan, santun) serta dimensi keyakinan keagamaan melalui kegiatan ikrar dan dimenesi pengetahuan keagamaann melalui kegiatan keputrian. Kedua, strategi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap sudah mengaplikasikan tiga tahapan komponen strategi yakni moral knowing, moral feeling, moral acting yang harus dilalui peserta didik dalam pembentukan karakter religius, namun masih terdapat kekurangan dalam tahap moral feeling. %Z Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M.A.