TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M.A ID - digilib63914 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63914/ A1 - Intan Siti Rahmah, NIM.: 19204010083 Y1 - 2023/08/24/ N2 - Jatuh bangunnya suatu masyarakat sangat tergantung pada akhlak yang dimilikinya. Jika akhlaknya baik, maka sejahteralah lahir batinnya. Akan tetapi jika akhlaknya rusak, maka rusak pula kehidupan masyarakat tersebut. Fenomena yang akhir-akhir ini terjadi begitu memprihatinkan di kalangan remaja, kuarangnya nilai akhlak yang tertanam dalam diri peserta didik menjadikan nilai akhlak yang seharusnya dijunjung tinggi sudah mulai terlupakan. Ditambah dengan pergaulan yang tidak mengenal batas seakan sudah menjadi hal yang lumrah dan membudaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dalam mendidik akhlak siswa serta seberapa besar tingkat keberhasilan dalam penanaman akhlak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif yakni digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah instrumen kunci penelitian, metode ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah pada nomor 1 dan 2 yakni terkait dengan implementasi pendidikan agama islam dalam mendidik akhlak siswa. Analisa dalam penelitian ini akan menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif yang didasarkan pada metode analisa data milik Miles & Hubermen, sebagaimana dikutip Bruce L.Berg mengatakan bahwa analisis data terdiri dari tiga arus tindakan yang berbarengan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi. Dalam penelitian ini juga penulis menggunakan instrumen penelitian jenis kuantitatif yakni dengan menggunakan angket untuk menjawab rumusan masalah terkait dengan tingkat keberhasilan implementasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak secara lebih mendalam dan akurat sesuai dengan data yang sudah ada, adapun analisis yang digunakan adalah dengan metode Regresi Linier Sederhana bersifat statistik inferensial. Subyek penelitian ini yaitu Wakasek Kurikulum, Guru PAI, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, implementasi pendidikan agama Islam dalam mendidik akhlak di SMP KHZ Musthafa dilaksanakan dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajarannya mengintegrasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan muatan lokal khsus keagamaan yakni Aqidah akhlak, Al-Quran Hadits, Fiqih, Bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan melalui model pembelajaran keteladanan, pembiasaan dan targhib. Kedua, implementasi pendidikan agama Islam dalam mendidik akhlak siswa di SMP Islam Cipasung disamping dengan adanya muatan lokal khusus, sekolah juga memprogramkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan diantaranya; pembiasaan shalat sunnah dhuha dan kajian kitab kuning, shalat dzuhur berjamah dan dzikir, infaq jumat, PHBI, HSN, tadarus Al-Qur?an, da?i dan khatib hingga kegiatan keputrian. Ketiga, tingkat keberhasilan implementasi pendidikan agama Islam di SMP KHZ Musthafa terhadap akhlak sebesar 62%, artinya dalam mendidik akhlak sebesar 62% dipengaruhi dari implementasi pendidikan agama Islam di sekolah, sedangkan 38% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, sedangkan tingkat keberhasilan implementasi pendidikan agama islam dalam mendidik akhlak di SMP Islam Cipasung sebesar 49,9%, artinya dalam mendidik akhlak sebesar 49,9% dipengaruhi implementasi pendidikan agama di sekolah, sedangkan 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain atau faktor X yang tidak dilakukan penelitian. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - PAI; mendidik akhlak M1 - masters TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAK SISWA DI SMP KHZ MUSTHAFA DAN SMP ISLAM CIPASUNG TASIKMALAYA AV - restricted EP - 267 ER -