<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS)"^^ . "Pembahasan terkait pemahaman hadis merupakan salah satu pembahasan\r\nyang menjadi perdebatan dalam diskusi masalah kontemporer. Perdebatan tersebut\r\nterjadi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin memperluas\r\nruang diskusi. Meskipun telah banyak dikembangkan metode-metode guna\r\nmemahami hadis Nabi, masih terdapat individu-individu maupun kelompok yang\r\nkurang tepat dalam memahami hadis, dan menjadikan pemahaman kurang tepat\r\ntersebut sebagai bahan justifikasi terhadap suatu permasalahan yang dalam tulisan\r\nini berkaitan dengan meminta-minta di ruang publik.\r\nPenelitian ini membahas terkait pemahaman hadis larangan meminta-minta\r\nyang ada di ruang publik menggunakan model penelitian kualitatif dan\r\nmenggunakan jenis data kajian kepustakaan (library research). Rumusan masalah\r\nyang diambil dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana status ke-hujjah-an\r\nhadis riwayat Bukha>ri> No.1405 dan bagaimana pemahaman hadis menggunakan\r\nteori double movement serta implikasinya dalam kehidupan masyarakat. Dalam\r\nmenjawab rumusan masalah tersebut, teori yang digunakan adalah teori double\r\nmovement yang digagas oleh Fazlur Rahman. Dalam teori tersebut terdapat dua\r\nlangkah dalam memahami suau hadis Nabi, yaitu pertama memahami hadis sebagai\r\nsebuah jawaban dari permasalahan yang ada ketika hadis dimunculkan yang\r\nkemudian diambil jawaban spesifik dan menyingkapnya sebagai pernyataan dari\r\nteks yang memiliki tujuan moral sosial. Kedua, mengqiyaskan pernyataan umum\r\ntersebut sejalan dengan kondisi sosiohistoris yang ada pada realitas masa kini.\r\nHasil dari penelitian ini yaitu, pertama ditinjau dari segi kualitas sanad\r\nhadis, maka hadis tersebut berkualitas s}ah}i>h} li dzatihi. Sedangkan dari segi kualitas\r\nmatan hadis, hadis tersebut termasuk hadis s}ah}i>}h dan maqbul. Selanjutnya, dengan\r\nmengaplikasikan teori double movement dalam memahami hadis tersebut maka\r\ndapat diketahui bahwa dalam hadis tersebut berisi tentang anjuran untuk senantiasa\r\nmemiliki etos kerja dan pantang menyerah sebagai bentuk menjaga kehormatan dan\r\nkemuliaan diri. Dan yang terakhir, implikasi pemahaman hadis larangan memintaminta\r\nadalah memberi kepada peminta-minta diruang publik merupakan bentuk\r\npelanggaran, karena hal tersebut dapat menurunkan kehormatan bagi para pemintaminta."^^ . "2023-12-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20105050053"^^ . "Saifatus Zahrok Uluk Ailia"^^ . "NIM.: 20105050053 Saifatus Zahrok Uluk Ailia"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "20105050053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Text)"^^ . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #63930 \n\nPEMAHAMAN HADIS LARANGAN MEMINTA-MINTA (STUDI MA’ANIL HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "Hadis Hukum" . .