TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd. ID - digilib6395 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6395/ A1 - CHOIRUL HIDAYAH - NIM. 06470055 , Y1 - 2011/09/13/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Dalam dunia pendidikan masih minimnya kecerdasan emosional kepala sekolah dalam memimpin bawahannya sehingga seringkali terjadi kecemburuan sosial dan kurangnya motivasi kerja akibat kurangnya perhatian dan kepekaan kepala sekolah pada bawahannya. Dari permasalahan ini pentingnya dalam dunia pendidikan memiliki sosok pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional untuk mengeratkan persaudaraan dan meningkatkan motivasi dalam bekerja. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gaya Kepemimpianan kepala sekolah di Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta,(2) Untuk mengetahui Urgensi Kecerdasan emosional kepala sekolah bagi Guru Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja Guru di Playgroup Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analitis, alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala,peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi pada masa sekarang, Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian Kepala sekolah Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakara dan beberapa sampel guru Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta yang sudah mengajar lebih dari 3 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah (1) Gaya kepemimpinan Kepala sekolah Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta dikombinasikan antara otoriter, demokratis, laizze freire, kura-kura. Berbagai gaya ini diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi (2) Urgensi kecerdasan emosional kepala sekolah Bagi Guru Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu Untuk memberikan rasa nyaman dalam bekerja, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, mempermudah penyampaian pesan, dan meminimalisir berbagai masalah. (3) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi kerja Guru antara lain: a. Evaluasi bersama b. Koordinasi c. Mengadakan pelatihan secara bergilir d. Fasilitas ruangan yang nyaman e. Fasilitas kendaraan f. Fasilitas umrah g. Hukuman h. Rasa hormat div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kecerdasan Emosional KW - Motivasi Kinerja Guru M1 - skripsi TI - URGENSI KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU AV - restricted ER -