eprintid: 63956 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/39/56 datestamp: 2024-02-21 04:45:22 lastmod: 2024-02-21 04:45:22 status_changed: 2024-02-21 04:45:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Parhatunniza, NIM.: 21205032019 title: RESEPSI PEMBACAAN AL-WAQI’AH AL-FADILAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISHLAHIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: iath divisions: pr_iat_s2 full_text_status: restricted keywords: Resepsi Al-Qur’an, Al-Waqi’ah Al-Fadilah, Amaliyah, Nurul Ishlahiyyah note: Pembimbing: Dr. Subi Nur Isnaini, M.A. abstract: Penelitian ini mengkaji pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah. Praktik pembacaan tersebut menunjukkan adanya transmisi praktik dalam meresepsi al-Qur’an. Bentuk transmisi praktik pembacaan waqiah tampak pada struktur teks yang menyusun amaliyah tersebut seperti ayat waqiah disertai dengan do’a di tengah-tengah ayat. Hal itulah yang menunjukkan amaliyah tersebut berbeda dari pada umumnya. Dengan melihat jenis kajian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk memperluas diskusi terhadap kajian al-Qur’an sebagai salah satu amaliyah yang dibaca setiap hari. Adapun fokus pembahasan dalam penelitian ini ada dua. Pertama, bagaimana praktik pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah? Kedua, bagaimana resepsi santri atas tradisi pembacaan al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah? Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut ialah hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam tesis ini, saya beragumen bahwa tradisi pembacaan al-waqi’ah al-fadilah menunjukkan bentuk representasi thoriqoh Qodariyah. Melalui pendekatan teori resepsi Iser, fenomena pembacaan waqiah menujukkan pengertian baru dikalangan santri Nurul Ishlahiyyah. Pengertian tersebut berupa bentuk pemahaman yang mengatakan bahwa amaliyah tersebut merupakan bentuk kegiatan Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah dan bentuk amaliyah untuk memperlancar rezeki yang diajarkan K.H. Ahmad Asrori Al-Ishaqi. Pengertian lainnya bahwa struktur teks tersebut dimaknai memiliki nilai ushlub, betuk penghambaan (tasawuf) dan bentuk pemaknaan ayat al-Qur’an yang diekspresikan dalam bentuk do’a. Keberagaman tersebut dihasilakan karena bedanya latar belakang pendidikan dari masing-masing narasumber dalam memaknai al-waqi’ah al-fadilah di Pondok Pesantren Nurul Ishlahiyyah. date: 2024-01-10 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: Parhatunniza, NIM.: 21205032019 (2024) RESEPSI PEMBACAAN AL-WAQI’AH AL-FADILAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISHLAHIYYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63956/1/21205032019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63956/2/21205032019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf