@phdthesis{digilib63982, month = {December}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104060047 Wicahni Ramadanti}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.}, keywords = {model pembelajaran; Make A match; hasil belajar; motivasi belajar; Struktur Atom}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63982/}, abstract = {Materi pembelajaran yang abstrak dan kompleks apabila menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat (monoton) dapat mengakibatkan motivasi belajar menurun dan hasil belajar yang kurang optimal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh peserta didik yang merasa bosan dan jenuh dalam menerima pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2023/2024 menggunakan dua sampel penelitian yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar dan soal tes. Teknik analisis data motivasi belajar dan hasil belajar yang digunakan adalah uji Mann Whitney dengan masing-masing nilai sig. sebesar 0,045 dan 0,000 atau {\ensuremath{<}} 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi struktur atom.} }