eprintid: 63983 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/39/83 datestamp: 2024-02-23 07:10:45 lastmod: 2024-02-23 07:10:45 status_changed: 2024-02-23 07:10:45 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Aliya Hidayatika, NIM.: 20104080032 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: matematika; integrasi; Budaya Klaten. note: Pembimbing: Luluk Mauluah, M. Si. abstract: Dalam pembelajaran matematika materi bilangan cacah perlu latihan soal agar lebih terampil berdasarkan permasalahan di lapangan. LKPD adalah salah satu media yang mana salah satu peran LKPD merupakan sangat besar dalam proses pembelajaran karena LKPD dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar dan penggunaan LKPD dalam pembelajaran juga dapat membantu guru untuk mengarahkan peserta didiknya dalam menemukan konsep-konsep melalui aktivitas peserta didik dan juga dapat mengembangkan ketrampilan peserta didik dalam proses belajar serta dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan dapat mengoptimalkan dari hasil belajar. Tidak hanya itu, pendidikan tidak dapat dipisahkan dari tradisi nilai-nilai budaya, karena pendidikan pada hakikatnya adalah proses pengembangan dari kebudayaan dalam masyarakat. Masyarakat di wilayah mempunyai kewajiban untuk kembali pada jati dirinya dengan menggali dan memaknai nilai-nilai luhur budaya yang ada sebagai sumber kearifan lokal. Salah satu budaya kearifan lokal yang perlu diketahui adalah Klaten , yang mana terletak diantara Yogyakarta dan Solo dan juga melahirkan seniman yang luar biasa sehingga perlu dikenalkan kepada peserta didik sebagai tambahan wawasan. Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berhitung peserta didik materi bilangan cacah dan diintegrasikan dengan budaya kearifan lokal Klaten. Peneliti menggunakan pengembangan 4D dari Thiagarajan yang mana menurut ahli Thiagarajan model 4D ini melalui empat tahapan, meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan 2 jenis angket dengan skala likert, yaitu angket penilaian validator ahli dan angket keterbacaan peserta didik dengan skala guttman. Adapun data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sementara peserta didik kelas IV yang menjadi responden berjumlah 5 orang. Penilaian kelayakan produk LKPD oleh validator memperoleh skor dengan rata-rata 64,8 nilai A kategori sangat baik. Berdasarkan skor yang diperoleh tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan oleh peneliti ini dikatakan layak. Hasil dari uji keterbacaan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh tanggapan positif dengan jawaban “ya” presentase 100%. Adapun tanggapan dari peserta didik menarik dan menjadi pengalaman baru dalam mengenal budaya kearifan lokal Klaten. date: 2023-12-14 date_type: published pages: 176 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aliya Hidayatika, NIM.: 20104080032 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH TERINTEGRASI BUDAYA KEARIFAN LOKAL KLATEN KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63983/1/20104080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63983/2/20104080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf