eprintid: 63995 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/39/95 datestamp: 2024-02-23 07:20:58 lastmod: 2024-02-23 07:21:14 status_changed: 2024-02-23 07:20:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Yusuf Damartaji, NIM.: 18104080079 title: PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: inklusif; anak ABK; ADHD note: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si. abstract: Siswa SD cenderung belum bisa mengendalikan diri sendiri contohnya anak yang tiba-tiba marah tanpa sebab yang jelas, anak juga masih sering melakukan tindakan usil menggaggu teman sebayanya, kondisi seperti ini membuat ruang kelas tidak bisa kondusif, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu metode yang dapat membangun kepribadia yang terdidik sejak dini, oleh karena itu sistem pendidikan yang dianut yayasan Tamansiswa mengutamakan seni budaya dan nilai nilai karakter luhur. Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan, yang pertama untuk memahami implementasi pembelajaran melalui metode sariswara dalam pengembangan diri siswa pada ekstrakurikuler seni tari kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Selanjutnya untuk yang kedua yaitu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode sariswara dalam meningkatkan perkembangan diri siswa kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini mengadopsi metode field research dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi teori dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa, (1) Penerapan Metode Sariswara dalam pengembangan diri siswa pada ekstrakurikuler seni tari Kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa yaitu, sukses menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan diri siswa pada ekstakurikuler seni tari kelas V. Hingga dapat melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa hanya dengan menggunakan konsep 3N (nonton, niteni, dan nirokke) (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Sariswara dalam pengembangan diri siswa Kelas V di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa yaitu, faktor pendukung: a. Visi dan Misi Sekolah, b. Guru yang berkompeten, c. Media dan model pembelajaran, d. Semangat belajar siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah: a. Kurang aktifnya peran orang tua, b. Peserta didik yang mudah emosi, dan c. Kurangnya Guru Pendamping Khusus. date: 2023-12-12 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yusuf Damartaji, NIM.: 18104080079 (2023) PENERAPAN METODE SARISWARA DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI KELAS V DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63995/1/18104080079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63995/2/18104080079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf