TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag. ID - digilib63998 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63998/ A1 - Febri Widiandari, NIM.: 21204012010 Y1 - 2023/11/27/ N2 - Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran merupakan upaya dosen dalam memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan mahasiswa dalam menghadapi persaingan abad ke-21 dan menyelesaikan berbagai tantangan dimasa depan. Penelitian ini penting dilakukan karena dalam penerapan metode diskusi, kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat berkembang ketika aktif dalam diskusi. Masih ada nya mahasiswa yang belum berperan aktif menunjukan bahwa mahasiswa belum menyadari pentingnya kemampuan berpikir kritis sehingga membuat mahasiswa pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan dengan wawancara, observasi dan dokumentas. Analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman melalui proses kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan metode diskusi di Magister PAI FITK UIN Sunan Kalijaga diterapkan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk aktif dalam proses diskusi sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dengan mengikuti langkah-langkah metode diskusi dalam pembelajaran, maka mahasiswa akan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang topik yang dibahas dan juga dapat meningkatkan berpikir kritis dan keterampilan berbicara. 2) Kendala-kendala yang dihadapi saat penerapam metode diskusi yaitu kurangnya keaktifan mahasiswa dan kurang percaya diri mahasiswa dalam mengemukakan pendapatnya menjadi kendala dalam penerapanya yang mengakibatkan mahasiswa menjadi pasif dalam pembelajaran. 3) Penggunaan metode diskusi dalam proses pembelajaran ini berimplikasi bagi mahasiswa. Hal itu disebabkan mahasiswa akan turut aktif dalam proses pembelajaran membuat terjadinya proses pertukaran pendapat antar mahasiswa. Metode diskusi mampu melatih mahasiswa dalam menyampaikan pemikiran dan pendapat terkait materi tersebut serta dapat melatih kecerdasan mahasiswa dalam memberikan solusi dalam suatu permasalahan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - berpikir kritis; metode diskusi; kurikulum pembelajaran M1 - masters TI - PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 193 ER -