eprintid: 64022 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/40/22 datestamp: 2024-02-26 01:13:03 lastmod: 2024-02-26 01:13:03 status_changed: 2024-02-26 01:13:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muh. Maskur, NIM.: 21204012037 title: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Guru PAI; character education; religious note: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS., M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masyarakat Indonesia yang saat ini sedang mengalami krisis karakter atau moral. Krisis ini ditandai dengan maraknya tindakan kriminalitas, contohnya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, bertambahnya angka kekerasan anak-anak dan remaja, pelecehan seksual, banyaknya geng motor dan pencuri. Secara keseluruhn sangat merugikan dirinya dan orang lain. Fenomena krisis moral jelas bertentangan dengan visi dan misi pendidikan dalam membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian dan berakhlak mulia sebagaimana dicita-citakan dalam tujuan pendidikan nasional. Setiap lembaga pendidikan memerlukan strategi yang tepat untuk menguatkan nilai karakter. Sehingga yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Bagaimana program-program guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Bagaimana pelaksanaan dan hasil peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa. Apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru PAI dalalm pendidikan karakter religius siswa di SMAN 2 Praya Lombok Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan field research. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui prosedur observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis melewati beberapa tahapan yaitu mengoleksi data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa yakni: Peran sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator, Dinamisator, Evaluator dan Fasilitator. (2) Program-program guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa yakni: Imtaq, Membaca Al-Qur’an (Tadarusan), Shalat Dhuha, Shalat Zuhur Berjamaah dan Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. (3) Pelaksanaan dan hasil peran guru PAI dalam pendidikan religius yakni: mengajar, mendidik, melatih keterampilan, memberikan bimbingan dan pengarahan. (4) Faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru PAI dalalm pendidikan karakter religius siswa yakni: faktor pendukung antara lain komitmen semua lembaga sekolah, teman sebaya, dan sarana prasarana sedangkan faktor pengahambatnya adalah sebagian siswa kurang disiplin, kesibukan orang tua, lingkungan dan media Al-Qur’an yang belum terpenuhi serta solusi guru PAI yakni strategi discovery learning (menyikapi pembelajaran), startegi inkuiri learning (penyelidikan pembelajaran), strategi problem based learning (berbasis masalah). date: 2023-12-12 date_type: published pages: 215 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muh. Maskur, NIM.: 21204012037 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 2 PRAYA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64022/1/21204012037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64022/2/21204012037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf