%0 Thesis %9 Skripsi %A Aris Nurkholis, NIM.: 06690018 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2010 %F digilib:64028 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Joyful Learning, POE, Diskusi, Prestasi Siswa %P 208 %T PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE POE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64028/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran fisika dengan pendekatan joyful learning melalui metode POE dan metode diskusi terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan getaran dan gelombang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain 2x2 faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C. Dalam menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Kemudian data dianalisis menggunakan Analisis Varian (Anava) dua jalur dengan isi sel tidak sama. Dari hasil perhitungan diperoleh (1) nilai FAhitung = 11,76 > Ftabel = 6,09; artinya pembelajaran fisika dengan pendekatan joyful learning melalui metode POE lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep getaran dan gelombang bila dibandingkan dengan menggunakan pendekatan joyful learning melalui metode diskusi. (2) nilai FBhitung = 15,42 > Ftabel = 6,09; artinya terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. (3) nilai FABhitung = 3,76 < Ftabel = 6,09; artinya tidak ada interaksi pengaruh penggunaan pendekatan joyful learning melalui metode POE dan diskusi dengan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang. %Z Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si dan Winarti, M.Pd.Si