eprintid: 64028 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/40/28 datestamp: 2024-02-26 01:34:59 lastmod: 2024-02-26 01:34:59 status_changed: 2024-02-26 01:34:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Aris Nurkholis, NIM.: 06690018 title: PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE POE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Joyful Learning, POE, Diskusi, Prestasi Siswa note: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si dan Winarti, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran fisika dengan pendekatan joyful learning melalui metode POE dan metode diskusi terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan getaran dan gelombang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain 2x2 faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C. Dalam menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Kemudian data dianalisis menggunakan Analisis Varian (Anava) dua jalur dengan isi sel tidak sama. Dari hasil perhitungan diperoleh (1) nilai FAhitung = 11,76 > Ftabel = 6,09; artinya pembelajaran fisika dengan pendekatan joyful learning melalui metode POE lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep getaran dan gelombang bila dibandingkan dengan menggunakan pendekatan joyful learning melalui metode diskusi. (2) nilai FBhitung = 15,42 > Ftabel = 6,09; artinya terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. (3) nilai FABhitung = 3,76 < Ftabel = 6,09; artinya tidak ada interaksi pengaruh penggunaan pendekatan joyful learning melalui metode POE dan diskusi dengan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep getaran dan gelombang. date: 2010-11-05 date_type: published pages: 208 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aris Nurkholis, NIM.: 06690018 (2010) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE POE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64028/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64028/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf