%A NIM.: 06680008 NURUL IMTIHAN %O Pembimbing: Drs. Suhardi, M. Pd. %T EFEKTIFITAS LEARNING JOURNALS (JURNAL BELAJAR) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA %X ABSTRAK Berbagai metode perlu diterapkan untuk membantu menumbuhkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui efektifitas Learning Journals (jurnal belajar) dalam mempengaruhi kemandirian belajar siswa, mengetahui efektifitas implementasi Learning Journals (jurnal belajar) dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi Learning Journals (jurnal belajar) dalam aktivitas belajarnya. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel yang diambil sebanyak 2 unit kelas. Kelas XD sebagai kelas kontrol sedangkan kelas XE sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket kemandirian, soal test dan lembar angket tanggapan siswa. Data angket kemandirian dianalisis secara desktriptif serta uji statistik nonparametrik Kolmogorov Smirnov, sedangkan data test melalui pengujian hipotesis dengan uji-t. Pengolahan data statistik tersebut menggunakan progam SPSS seri 16 for windows. Sedangkan untuk angket tanggapan dianalisis secara deskriptif saja. Berdasarkan pengujian statistik (p 0,01) pengaruh implementasi Learning Journals (jurnal belajar) terhadap kemandirian belajar siswa melalui uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan nilai probabilitas (p)=0,000. Artinya, terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari implementasi Learning Journals (jurnal belajar) terhadap kemandirian belajar siswa. Uji-t berpasangan dalam menguji pengaruh dari implementasi Learning Journals (jurnal belajar) terhadap prestasi belajar siswa menunjukkan nilai probabilitas (p)=0,000. Artinya, terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari implementasi Learning Journals (jurnal belajar) terhadap prestasi belajar siswa. Persentase angket tanggapan siswa adalah: tanggapan sangat baik 37,8%, tanggapan baik sebesar 54,1% dan tanggapan cukup baik sebesar 5,4%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap implementasi Learning Journals (jurnal belajar) adalah sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka Learning Journals (jurnal belajar) dapat direkomendasikan sebagai perangkat dalam mendidik siswa untuk memiliki kemandirian dan prestasi yang lebih baik dalam belajar. div %K Learning Jornals (jurnal belajar), Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar. %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6403