@phdthesis{digilib64037, month = {August}, title = {UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA KELAS VI SD NEGERI TERBANSARI II YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 03430335 Wantiningsih}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Atmini Dhoruri, M.S. dan Mohammad Mukhlisin, S.Pd.I}, keywords = {Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Motivasi Belajar Matematika Siswa, Prestasi Belajar Matematika Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64037/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) siswa kelas VI SD Negeri Terbansari II Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 serta untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Terbansari II Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Terbansari II Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik angket, teknik test, dan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Terbansari II Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil angket motivasi belajar matematika siswa dan hasil test siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar matematika siswa adalah 78,54\%. Sedangkan pada siklus II, persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar matematika siswa adalah 83,01\%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas dari hasil test adalah 7,52. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas dari hasil test adalah 8,89. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI dilaksanakan melalui 5 aspek yang ada dalam pendekatan PMRI yaitu: (1) konteks dunia nyata, (2) model matematika (matematisasi), (3) interaksi, (4) produksi dan konstruksi, dan (5) keterkaitan} }