TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib64043 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64043/ A1 - Sri Utami, NIM.: 21204021016 Y1 - 2023/12/01/ N2 - Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma?arif Boja Kendal yang masih kurang, kurangnya latihan, dan kurangnya antusias dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Modul maharah al-kalam hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Peneliti memilih untuk menggunakan pendekatan komunikatif sebagai landasan modul ini, karena bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana menguasai keterampilan berkomunikasi secara lisan sehingga standar penilaiannya tidak terletak pada ketepatan berbahasa dan kesalahan yang minim terjadi, namun pada kemampuan untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui kebutuhan modul mah?rah al-kal?m dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma?arif Boja Kendal, 2) mengetahui implementasi modul mah?rah al-kal?m dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma?arif Boja Kendal, 3) mengetahui efektifitas modul mah?rah al-kal?m dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma?arif Boja Kendal. Untuk melakukan pengembangan, peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), penelitian ini dapat dikatakan masuk dalam kategori penelitian Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu True Ekesperimental Design dengan jenis posttest only control group design untuk mengetahui efektivitas modul mah?rah al-kal?m. Siswa kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma?arif Boja Kendal merupakan subjek pada penelitian ini. Observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian, data yang berupa angka dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan modul mah?rah al-kal?m dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual yang menghasilkan modul berjudul ?Modul Bahasa Arab Mah?rah al-Kal?m (Dengan Pendekatan Komunikatif dan Metode Audiolingual)?. Produk yang dikembangkan telah melalui uji kelayakan berupa kelayakan ahli materi yang memperoleh predikat ?sangat layak? dengan rata-rata persentase sebesar 93,19%, dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,00% dengan predikat ?sangat layak?. Maka kualitas modul ini ?baik?. 2) Pembelajaran Bahasa Arab dilakukan dengan menggunakan modul mah?rah al-kal?m yang didesain dengan pendekatan komunikatif dan didukung dengan metode audiolingual. 3) modul ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui melalui hasil data respon siswa terhadap modul sebesar 4,26 dengan respon ?sangat positif?. Kemudian, dari hasil uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ahli media; Maharah al-Kalam; Metode Audiolingual. M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MODUL MAH?RAH AL-KAL?M DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DAN METODE AUDIOLINGUAL DI MTS NU 02 AL-MA'ARIF BOJA KENDAL AV - restricted EP - 209 ER -