%A NIM.: 21204021016 Sri Utami %O Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag. %T PENGEMBANGAN MODUL MAHĀRAH AL-KALĀM DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DAN METODE AUDIOLINGUAL DI MTS NU 02 AL-MA'ARIF BOJA KENDAL %X Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja Kendal yang masih kurang, kurangnya latihan, dan kurangnya antusias dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Modul maharah al-kalam hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Peneliti memilih untuk menggunakan pendekatan komunikatif sebagai landasan modul ini, karena bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa bagaimana menguasai keterampilan berkomunikasi secara lisan sehingga standar penilaiannya tidak terletak pada ketepatan berbahasa dan kesalahan yang minim terjadi, namun pada kemampuan untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui kebutuhan modul mahārah al-kalām dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja Kendal, 2) mengetahui implementasi modul mahārah al-kalām dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja Kendal, 3) mengetahui efektifitas modul mahārah al-kalām dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual di MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja Kendal. Untuk melakukan pengembangan, peneliti menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), penelitian ini dapat dikatakan masuk dalam kategori penelitian Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu True Ekesperimental Design dengan jenis posttest only control group design untuk mengetahui efektivitas modul mahārah al-kalām. Siswa kelas VIII MTs NU 02 Al-Ma’arif Boja Kendal merupakan subjek pada penelitian ini. Observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian, data yang berupa angka dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan modul mahārah al-kalām dengan pendekatan komunikatif dan metode audiolingual yang menghasilkan modul berjudul “Modul Bahasa Arab Mahārah al-Kalām (Dengan Pendekatan Komunikatif dan Metode Audiolingual)”. Produk yang dikembangkan telah melalui uji kelayakan berupa kelayakan ahli materi yang memperoleh predikat “sangat layak” dengan rata-rata persentase sebesar 93,19%, dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 90,00% dengan predikat “sangat layak”. Maka kualitas modul ini “baik”. 2) Pembelajaran Bahasa Arab dilakukan dengan menggunakan modul mahārah al-kalām yang didesain dengan pendekatan komunikatif dan didukung dengan metode audiolingual. 3) modul ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui melalui hasil data respon siswa terhadap modul sebesar 4,26 dengan respon “sangat positif”. Kemudian, dari hasil uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. %K ahli media; Maharah al-Kalam; Metode Audiolingual. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64043