eprintid: 64044 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/40/44 datestamp: 2024-02-28 02:09:04 lastmod: 2024-02-28 02:09:04 status_changed: 2024-02-28 02:09:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Amila Sholiha, NIM.: 21204022003 title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media pembelajaran; multimedia pembelajaran; Maharah Qira’ah; treasure hunt. note: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I. abstract: Pembelajaran bahasa Arab pada maharah qira’ah di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton dan fokus pada penggunaan buku teks. Hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt. 2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran, peneliti menggunakan jenis eksperimen Non Equivalent Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data berupa angka, akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini adalah 1) produk multimedia pembelajaran HANAQI berbasis permainan treasure hunt yang dikembangkan menggunakan software Smart Apps Creator. Multimedia pembelajaran ini memuat materi keterampilan membaca bahasa Arab kelas IX semester gasal yang terdiri dari lima tema pembelajaranُُdan disajikan dalam bentuk teks, gambar, audio dan video animasi yang memiliki alur permainan treasure hunt. 2) Peneliti menguji efektivitas multimedia pembelajaran dengan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan sig.(2-tailed)ُُ0,000 yang mana < 0,05. Dengan kata lain, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian juga dengan hasil uji N-Gain yang memiliki nilai mean sebesar 0,76 atau 76,37% dengan kategori tafsiran “efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran maharah qira’ah berbasis permainan treasure hunt efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. date: 2023-12-05 date_type: published pages: 234 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Amila Sholiha, NIM.: 21204022003 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH BERBASIS PERMAINAN TREASURE HUNT UNTUK SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64044/1/21204022003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64044/2/21204022003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf