TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsyiah, S.Ag., M.Ag. ID - digilib64045 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64045/ A1 - Mita Ratna Dila, NIM.: 21204022013 Y1 - 2023/12/06/ N2 - Dalam pembelajaran Bahasa Arab tidak hanya menguasi dari salah satu keterampilan saja, akan tetapi harus menekankan untuk menguasai keempat Keterampilan yakni: keterampilan Istima?, Kalam, Qiro?ah dan Kitabah. Sehingga dapat mendukung keberhasilan dalam berbahasa Arab yang baik dan benar. Namun, selama ini pengajaran baasa Arab belum mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan sehingga perlu dicobakan metode Mustaqilli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan true exsperiment desain Pretest-Posttest Control Group design. Populasi pada penelitian ini berbentuk orang yaitu siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Qalam dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Baburrizqi Waworada Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri atas 93 siswa MTs Al-Qalam dan 74 siswa MA Baburrizqi yang masing-masing terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan Sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak (sampling) yaitu siswa kelas VII-A dan kelas VII-B MTs Al-Qalam yang berjumlah 68 siswa. Kemudian siswa kelas X-A dan kelas X-B MA Baburrizqi yang berjumlah 48 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes (pretest-posttest), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik yaitu menggunakan independent sample t test berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode Mustaqilli dalam Pembelajaran Bahasa Arab Efektif digunakan di Bima NTB. Hal ini dibuktikan: Pertama, keterampilan Istima? dan Kalam pada siswa MTs Al-Qalam memiliki pengaruh tinggi atau kuat dengan nilai Effect Size (Cohen?s d) sebesar 0,85 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi dan memiliki pengaruh yang tinggi atau kuat. sedangkan Keterampilan qiro>ah dan kitabah mendapatkan nilai Effect Size (Cohen?s d) sebesar 1,05 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi. Kedua, keterampilan Istima? dan Kalam pada siswa MA Baburrizqi memiliki pengaruh tinggi atau kuat dengan nilai Effect Size (Cohen?s d) sebesar 0,80 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi dan memiliki pengaruh yang tinggi atau kuat terhadap peningkatan keterampilan qiro>ah dan kitabah pada siswa MA Baburrizqi dengan nilai Effect Size (Cohen?s d) sebesar 1,14 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Mustaqilli; kitabah siswa; pembelajaran bahasa Arab M1 - masters TI - STUDI EKSPERIMEN METODE MUSTAQILLI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL-QALAM DAN MA BABURRIZQI BIMA NTB AV - restricted EP - 355 ER -