TY - THES N1 - Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. ID - digilib6405 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6405/ A1 - PIYAN RUDIANTO, NIM.: 06670018 Y1 - 2011/09/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa hand out kimia untuk SMA/MA kelas X semester 1 berdasarkan Standar Isi (SI) yang memiliki karakteristik tertentu dan mengetahui kelayakan hand out kimia yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA dan respon siswa SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan 3 tahap yang harus diikuti untuk menghasilkan produk, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, dan penilaian produk. Produk awal hand out kimia ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media, ahli materi dan peer reviewer. Kualitas hand out kimia dinilai oleh 3 guru kimia SMA/MA dengan mengisi angket penilaian yang berisi 10 aspek penilaian, yaitu pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, kejelasan kalimat, kebahasaan, keterlaksanaan, evaluasi, struktur hand out, dan penampilan fisik hand out. Hand out juga direspon oleh 10 siswa dengan angket penilaian yang berisi 11 aspek, yaitu keterbacaan, bahasa, tampilan buku, isi/materi pelajaran, gambar/ilustrasi pada buku, kata-kata sains, uraian materi pembelajaran, kejelasan huruf, daya tarik ilustrasi gambar dan warna, penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari, dan kemudahan mengerjakan latihan soal. Hasil penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya hand out kimia untuk SMA/MA kelas X semester 1 yang mamiliki karakteristik yaitu berisi peta konsep, standar kompetensi dan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, ringkasan materi, informasi tambahan seputar ikatan kimia, mutiara hikmah dan untaian inspirasi di setiap lembar hand out, latihan soal di setiap subbab, dan uji kompetensi di akhir bab. Hand out kimia yang telah disusun memiliki kualitas Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian guru kimia dengan skor rata-rata 104 dan persentase keidealan 86,67% serta respon siswa diperoleh skor rata-rata 42 dengan persentase keidealan 76,36%, sehingga hand out kimia layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang dan media pembelajaran bagi siswa. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - penelitian pengembangan KW - hand out kimia KW - ikatan kimia M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN HAND OUT KIMIA SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SISWA SMA-MA KELAS X SEMESTER 1 MATERI POKOK IKATAN KIMIA AV - restricted EP - 108 ER -