eprintid: 6406 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/06 datestamp: 2022-12-05 08:19:07 lastmod: 2022-12-05 08:20:34 status_changed: 2012-05-04 16:50:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RENI YULIYANI, NIM.: 06690015 title: PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Strategi Student Team Heroic Leadership, Tugas Terstruktur, Hasil Belajar (Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik). note: Pembimbing: 1. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si. 2. Winarti, M.Pd.Si. abstract: ABSTRAK Strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur adalah suatu strategi pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk berpikir, menjawab, saling membantu sama lain, dan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang heroik. Strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, maupun ranah psikomotorik peserta didik. Metode penelitian penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Kalasan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X D sebagai kelas eksperimen dan X E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis menggunakan analisis uji dua sampel. Berdasarkan penelitian diperoleh strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 6,033 dengan t-tabel sebesar 1,681, terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 11,866 dengan t-tabel sebesar 1,681, terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 8,856 dengan t-tabel sebesar 1,681. div date: 2011-09-15 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-15 11:52:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--reniyuliya-6408-1-reniyul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--reniyuliya-6408-1-reniyul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7071 ; nama file lama : RENI YULIYANI - NIM. 06690015 PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4658127 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-15 11:52:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--reniyuliya-6408-1-reniyul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--reniyuliya-6408-1-reniyul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7071 ; nama file lama : RENI YULIYANI - NIM. 06690015 PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4658127 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RENI YULIYANI, NIM.: 06690015 (2011) PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6406/1/File%201.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6406/2/File%202.pdf