TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Sumaryanta, M. Pd. 2. Iwan Kuswidi, M. Si. ID - digilib6407 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6407/ A1 - RETNO NURFITRI, NIM.: 07600076 Y1 - 2011/09/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VII MTs Wahid Hasyim yang menggunakan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa), variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis siwa. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi dan sampelnya yaitu kelas VII MTs Wahid Hasyim Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan: soal pretest-posttest, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Efektivitas treatment ditunjukan dengan lebih besarnya rata-rata (mean) skor posttest dan rata-rata (mean) skor gain untuk kelas eksperimen, dibandingkan kelas kontrol. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Efektivitas KW - TTW (Think-Talk-Write) KW - LKS (Lembar Kegiatan Siswa) KW - Kemampuan Berpikir Kritis. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS AV - restricted EP - 200 ER -