eprintid: 6407 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/07 datestamp: 2023-07-26 03:43:42 lastmod: 2023-07-26 03:45:06 status_changed: 2012-05-04 16:50:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RETNO NURFITRI, NIM.: 07600076 title: EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, TTW (Think-Talk-Write), LKS (Lembar Kegiatan Siswa), Kemampuan Berpikir Kritis. note: Pembimbing: 1. Sumaryanta, M. Pd. 2. Iwan Kuswidi, M. Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika di kelas VII MTs Wahid Hasyim yang menggunakan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa), variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis siwa. Berdasarkan pengambilan sampelnya, penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi dan sampelnya yaitu kelas VII MTs Wahid Hasyim Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan: soal pretest-posttest, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi yang divalidasi isi dan konstruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi TTW (Think-Talk-Write) dengan media LKS (Lembar Kegiatan Siswa) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Efektivitas treatment ditunjukan dengan lebih besarnya rata-rata (mean) skor posttest dan rata-rata (mean) skor gain untuk kelas eksperimen, dibandingkan kelas kontrol. div date: 2011-09-15 date_type: published pages: 200 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-15 12:01:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--retnonurfi-6409-1-retnonu-s.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--retnonurfi-6409-1-retnonu-s.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7072 ; nama file lama : RETNO NURFITRI - NIM. 07600076 EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2003231 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-15 12:01:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--retnonurfi-6409-1-retnonu-s.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--retnonurfi-6409-1-retnonu-s.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7072 ; nama file lama : RETNO NURFITRI - NIM. 07600076 EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2003231 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RETNO NURFITRI, NIM.: 07600076 (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DENGAN MEDIA LKS (LEMBAR KEGIATAN SISWA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6407/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6407/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf