%0 Thesis %9 Skripsi %A RISWANTI, NIM.: 04461130 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ %D 2011 %F digilib:6409 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K divergent thinking, PTK, inquiry %P 113 %T PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6409/ %X ABSTRAK Pembelajaran sains masih mengutamakan hasil yang berupa pengetahuan ingatan dan kemampuan berpikir logis. Pembelajaran tersebut kurang mengoptimalkan perkembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran sains, khususnya berkaitan dengan kemampuan divergent thinking dengan pendekatan inquiry sehingga perlu adanya upaya baru mengintegrasikan keterampilan skill dengan kondisi konkret yang dialami siswa melalui pengembangan divergent thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pendekatan inquiry pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan divergent thinking serta mengetahui bagaimana pengembangan divergent thinking siswa dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika melalui penerapan pendekatan inquiry di MTs Muhammadiyah I Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aspek divergent thinking dari setiap siklusnya. Peningkatan kemampuan divergent thinking itu sampai pada predikat amat baik (A), dimana rata-rata hasil pengamatan tersebut adalah 90 %. Sedangkan untuk prestasi yang dimiliki siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata nilai 47 menjadi rata-rata nilai 61. div %Z Pembimbing: Drs. Warsono, M.Si.