eprintid: 6409 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/09 datestamp: 2023-07-26 03:38:57 lastmod: 2023-07-26 03:40:26 status_changed: 2012-05-04 16:50:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RISWANTI, NIM.: 04461130 title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY ispublished: pub subjects: Pen_fis subjects: met_pemb divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: divergent thinking, PTK, inquiry note: Pembimbing: Drs. Warsono, M.Si. abstract: ABSTRAK Pembelajaran sains masih mengutamakan hasil yang berupa pengetahuan ingatan dan kemampuan berpikir logis. Pembelajaran tersebut kurang mengoptimalkan perkembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran sains, khususnya berkaitan dengan kemampuan divergent thinking dengan pendekatan inquiry sehingga perlu adanya upaya baru mengintegrasikan keterampilan skill dengan kondisi konkret yang dialami siswa melalui pengembangan divergent thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah pendekatan inquiry pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan divergent thinking serta mengetahui bagaimana pengembangan divergent thinking siswa dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah fisika melalui penerapan pendekatan inquiry di MTs Muhammadiyah I Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aspek divergent thinking dari setiap siklusnya. Peningkatan kemampuan divergent thinking itu sampai pada predikat amat baik (A), dimana rata-rata hasil pengamatan tersebut adalah 90 %. Sedangkan untuk prestasi yang dimiliki siswa juga mengalami peningkatan, dari rata-rata nilai 47 menjadi rata-rata nilai 61. div date: 2011-09-15 date_type: published pages: 113 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-15 13:37:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--riswantini-6411-1-riswanti-y.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--riswantini-6411-1-riswanti-y.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7074 ; nama file lama : RISWANTI - NIM. 04461130 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2097341 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-15 13:37:02 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--riswantini-6411-1-riswanti-y.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--riswantini-6411-1-riswanti-y.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7074 ; nama file lama : RISWANTI - NIM. 04461130 PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2097341 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RISWANTI, NIM.: 04461130 (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6409/2/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6409/1/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf