%A NIM.: 07600084 SETYAWATI %O Pembimbing: 1. M. Wakhid Musthofa, M.Si. 2. Ibrahim, M.Pd. %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DILENGKAPI DRILL SOAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Salah Satu SMP Negeri di Yogyakarta) %X Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill soal lebih efektif dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill soal lebih efektif dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.(3) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan matematika umum dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. (4) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan matematika umum dalam meningkatan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen (The Non equivalent Control Group Design). Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill soal dan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik inferensial. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai normal gain. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata normal gain tes pemahaman konsep dan angket motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih efektif dari nilai rata-rata normal gain siswa kelas kontrol. Faktor pembelajaran dan kemampuan matematika umum siswa memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Tidak adanya interaksi menunjukkan bahwa masingmasing kelompok mengalami peningkatan pada pemahaman konsep matematika dan motivasi belajarnya. div %K Reciprocal Teaching, Drill soal, Pemahaman konsep, Motivasi belajar %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6411