eprintid: 64118 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/41/18 datestamp: 2024-02-28 08:53:23 lastmod: 2024-02-28 08:53:23 status_changed: 2024-02-28 08:53:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ummi Atya Nurjanna, NIM.: 21204082017 title: PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERMUATAN SIKAP TOLERANSI PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR/MI ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: E-Modul; pendidikan kewarganegaraan; keanekaragaman budaya; toleransi note: Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik di sekolah mengenai pentingnya sikap toleransi. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti peroleh pemahaman peserta didik tersebut didasari oleh penggunaan media pembelajaran yang belum optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) Menghasilkan media pembelajaran berupa E-modul. 2) Menguji validitas E-modul. 3) Mengetahui apakah E-modul efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Jenis penelitian research and development dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Tahap analyze meliputi analisis masalah dan analisis kebutuhan.Tahap design meliputi menyiapkan garis besar E-modul, menyusun kerangka E-modul, menyusun isi materi, dan Menyusun instrument E-modul. Tahap development yaitu penyusunan materi dan penyusunan konten. Tahap implementation merupakan tahapan dimana E-modul mulai diterapkan di sekolah yaitu kepada peserta didik kelas V. Tahap evaluation adalah bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap tahapan Addie. Teknik analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pengembangan E-modul Pendidikan kewarganegaraan bermuatan sikap toleransi pada materi keberagaman budaya bangsaku untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar Samirono telah berhasil dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. 2) E-modul Pendidikan kewarganegaraan ini dinyatakan layak untuk di gunakan sebagai bahan ajar berdasarkan perolehan rata-rata skor keseluruhan aspek ahli media 93,5%, ahli materi 82%, dan ahli bahasa sebesar 81,5%. 3) Pengembangan E-modul Pendidikan kewarganegaraan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. date: 2023-12-13 date_type: published pages: 191 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ummi Atya Nurjanna, NIM.: 21204082017 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERMUATAN SIKAP TOLERANSI PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64118/1/21204082017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64118/2/21204082017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf