eprintid: 64125 rev_number: 36 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/41/25 datestamp: 2024-02-29 01:57:56 lastmod: 2024-02-29 01:57:56 status_changed: 2024-02-29 01:57:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Akhmad Mujab, NIM: 21204091017 title: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DAN KEMENAG DI MI AFKARUNA SLEMAN ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: mkpi divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: MSDM, Kurikulum Cambridge, Kurikulum Kemenag note: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti melihat pengelolaan sumber daya manusia di MI afkaruna. Ditengah problematika guru yang kesusahan dalam pergantian kurikulum, MI Afkaruna menggunakan dobel kurikulum yaitu kurikulum Cambridge dan kurikulum kemenag. Dengan adanya dobel kurikulum tersebut tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mampu mewujudkan visi dan misi Yayasan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui alasan pemilihan kurikulum kemenag dan cambridge.(2) Untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia dalam implementasi kurikulum yang diterapkan (3) Untuk mengetahui faktor yang menjadi kunci keberhasilan dalam mengelola sumber daya manusianya. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi dilapangan terkait data penelitian, wawancara Kepala Sekolah, Manager, Waka Kurikulum dan HRD. Dokumentasi dari data sekololah baik online maupun offline. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan rekomendasi peneliti. Validasi data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi kurikulum Cambridge dan kurikulum Kemenag di MI Afkaruna dilatarbelakangi oleh visi dan misi sekolah yang ingin membentuk siswa yang insan kamil dengan madrasah yang bernuansa Islami, berwawasan internasional dan berbudaya lokal. Kurikulum Cambridge mempunyai keunggulan yang membuat anak fasih berbahasa inggris, memiliki cara pandang internasional, Pendidikan yang modern dan memepermudah siswa untuk melanjutkan Pendidikan di luar negeri. (2) Manajemen sumber daya manusia dalam fungsi di fungsi manajerial. Yang pertama Tahap perencanaan MSDM diawali dari pihak yayasan yang mengidentifikasi kebutuhan sumber daya manusia, Rencana Pelatihan dan pengembangan SDM, Direktur akademik merencanakan ide-ide dan gagasan secara garis besar, dan perencanaan rekrutmen SDM. Yang kedua tahap pengorganisasian, Kepala sekolah membagi tugas kepada guru sesuai dengan bidang keahliannya untu Menyusun jadwal pelajaran, jadwal kegiatan serta jadwal ekstrakulikuler. Yang ketiga tahap pengarahan dai kepala sekolah pada setiap briefing pagi dengan memberi arahan dan motivasi kepada guru.yang keempat tahap pengendalian dngan evaluasi setiap minggu MSDM terkait fungsi operasionalnya yang pertama terkait pengadaan SDM yang di kordinir oleh HRD, kedua terkait pengembangan potensi SDM dan ketiga terkait kompensasi, mulai dari tunjangan kehadiran, tunjangan transportasi dan tunjangan BPJS kepada semua SDM. (3) Faktor kunci keberhasilan MI Afkaruna yang pertama ialah kerjasama team untuk mencapai visi dan misi yang diterapkan oleh yayasan. Yang kedua terkait supervisi dari yayasan yang selalu berperan penting dalam kemajuan SDM. Yang ketiga rekrutmen SDM yang langsung di wawancarai oleh ketua yayasan. date: 2023-10-12 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Akhmad Mujab, NIM: 21204091017 (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DAN KEMENAG DI MI AFKARUNA SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64125/3/21204091017_BAB%20I_BAB%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64125/2/21204091017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf