eprintid: 64127 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/41/27 datestamp: 2024-02-29 02:00:56 lastmod: 2024-02-29 02:00:56 status_changed: 2024-02-29 02:00:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Wahyu Nugroho, NIM.: 21204092004 title: MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG ispublished: pub subjects: manj_pend subjects: pemimpin divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: gaya kepemimpinan; manajemen kepemimpinan; kepala madrasah; akreditasi lembaga note: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, S.Ag., M.Ag. abstract: Standarisasi keberhasilan mutu suatu lembaga pendidikan yang dibuktikan dengan peringkat akreditasi tinggi sangat bergantung kepada manajemen kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah yang mampu mengarahkan tenaga pendidik dan kependidikan, memotivasi, mengambil keputusan yang baik merupakan faktor penting dalam capaian akreditasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keberhasilan manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan akreditas di MAN 2 kabupaten Magelang, memahami gaya kepemimpinan kepala Madrasah serta menemukan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan/field reaserch dengan analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data. Keabsahan data melalui triangulasi sumber kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala Madrasah melakukan manajemen kepemimpinan di MAN 2 kabupaten Magelang dengan menerapkan teori fungsi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang tertata baik didukung stakeholder memadai sehingga berhasil meningkatkan akreditasi lembaga; (2) Peran dan gaya kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi di MAN 2 kabupaten Magelang adalah sebagai pemimpin, pengarah, pengawas dan memiliki komunikasi serta koordinasi yang baik dengan gaya kepemimpinan kharismatik.; (3) Strategi kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan akreditasi adalah strategi Top Down, dimulai dari visi dan tujuan yang ditetapkan oleh pimpinan, kemudian diimplementasikan ke tingkat yang lebih rendah. Dalam hal ini kepala madrasah bersama stakeholder memegang kendali kebijakan dan mengawalnya hingga terlaksana dengan baik. date: 2023-11-02 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Wahyu Nugroho, NIM.: 21204092004 (2023) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI LEMBAGA: STUDI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64127/1/21204092004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64127/2/21204092004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf