%A NIM.: 21204092010 Muhammad Andi Syafruddin, S. Pd. %O Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M. Ag. %T MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH SIMPANG EMPAT %X Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Simpang Empat, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang berfokus kepada Manajemen Kepala Sekolah dalam membangun branding image Sekolah yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses manajemen yang diterapkan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat dalam membangun branding image sekolah; 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses manajemen yang diterapkan para kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat sebelumnya dalam membangun branding image sekolah; 3) Menganalisis mengapa proses manajemen kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat yang sekarang dapat membangun branding image sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Sumber data primer diantarnya kepala sekolah, mantan kepala sekolah, tenaga pendidik beserta staf, peserta didik dan sedangkan data sekunder berupa media cetak, gambar saat melakukan observasi dan dokumentasi, referensi karya ilmiah, serta catatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil yang diperoleh mengenai manajemen kepala sekolah dalam membangun branding image sekolah di SMP Muhammadiyah Simpang Empat, yaitu: 1) Proses manajemen yang diterapkan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat dalam membangun branding image sekolah adalah dengan menciptakan sekolah yang efektif; 2) Proses manajemen yang diterapkan para kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat sebelumnya dalam membangun branding image sekolah adalah meningkatkan mutu pelayanan dan program pendidikan serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat; 3) Analisis yang faktor yang menjadi kunci proses manajemen kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat yang sekarang dapat membangun branding image sekolah yaitu: a) membentuk identitas sekolah (branding); b) menentukan target pasar masyarakat; c) pengembangan branding guru dan staf; d) kualitas program dan layanan pendidikan; serta e) komunikasi sekolah. %K kepala sekolah; branding image; tenaga kependidikan %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64129