eprintid: 64129 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/41/29 datestamp: 2024-02-29 02:05:31 lastmod: 2024-02-29 02:05:31 status_changed: 2024-02-29 02:05:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Andi Syafruddin, S. Pd., NIM.: 21204092010 title: MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH SIMPANG EMPAT ispublished: pub subjects: kepala subjects: manj_pend divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: kepala sekolah; branding image; tenaga kependidikan note: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M. Ag. abstract: Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Simpang Empat, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang berfokus kepada Manajemen Kepala Sekolah dalam membangun branding image Sekolah yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses manajemen yang diterapkan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat dalam membangun branding image sekolah; 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses manajemen yang diterapkan para kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat sebelumnya dalam membangun branding image sekolah; 3) Menganalisis mengapa proses manajemen kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat yang sekarang dapat membangun branding image sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Sumber data primer diantarnya kepala sekolah, mantan kepala sekolah, tenaga pendidik beserta staf, peserta didik dan sedangkan data sekunder berupa media cetak, gambar saat melakukan observasi dan dokumentasi, referensi karya ilmiah, serta catatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil yang diperoleh mengenai manajemen kepala sekolah dalam membangun branding image sekolah di SMP Muhammadiyah Simpang Empat, yaitu: 1) Proses manajemen yang diterapkan kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat dalam membangun branding image sekolah adalah dengan menciptakan sekolah yang efektif; 2) Proses manajemen yang diterapkan para kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat sebelumnya dalam membangun branding image sekolah adalah meningkatkan mutu pelayanan dan program pendidikan serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat; 3) Analisis yang faktor yang menjadi kunci proses manajemen kepala sekolah SMP Muhammadiyah Simpang Empat yang sekarang dapat membangun branding image sekolah yaitu: a) membentuk identitas sekolah (branding); b) menentukan target pasar masyarakat; c) pengembangan branding guru dan staf; d) kualitas program dan layanan pendidikan; serta e) komunikasi sekolah. date: 2023-12-18 date_type: published pages: 139 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muhammad Andi Syafruddin, S. Pd., NIM.: 21204092010 (2023) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH SIMPANG EMPAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64129/1/21204092010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64129/2/21204092010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf