eprintid: 64139 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/41/39 datestamp: 2024-02-28 04:44:43 lastmod: 2024-02-28 04:44:43 status_changed: 2024-02-28 04:44:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Fajar Asrori, NIM.: 06410074 title: PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMP DI MAN YOGYAKARTA III ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: PAI, Prestasi Belaja, Guru PAI note: Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas X yang berlatar belakang pendidikan SMP di MAN Yogyakarta III. Latar belakang penelitian ini adalah karena faktor latar belakang pendidikan siswa seringkali menjadi masalah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya seperti yang terjadi di siswa kelas X MAN Yogyakarta III yang notabene lebih banyak siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP daripada MTs. Padahal MAN Yogyakarta III merupakan salah satu sekolah yang berciri khas dengan ke- Islamanya sehingga menuntut siswa cakap dalam pendidikan agama. Disinilah peran guru PAI sangat dibutuhkan dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi hasil belajar PAI siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas X yang berlatar belakang pendidikan SMP dan MTs di MAN Yogyakarta III, bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar PAI, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswakelas X. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pendidik PAI untuk mengatasi masalah latar belakang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan psikologi dengan mengambil obyek MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Program kerja PAI dalam meningkatkan prestasi belajar PAI sejauh ini belum optimal. Hal ini terlihat dari daftar nilai hasil belajar PAI tercatat masih ada beberapa siswa-siswi yang belum memenuhi SKM (standart kelulusan minimal) yang telah di tentukan sekolah. (2) Pelaksanaan program kerja PAI dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa telah mencapai hasil yang signifikan. Pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi semakin bertambah luas dan mendalam, aktif dan antusias dalam merespon kegiatan-kegiatan yang diadakan guru PAI, serta penanaman nilai dan sikap siswa sehari-hari yang relatif meningkat. (3) faktor pendukung peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi hasil belajar PAI yaitu: (a) tersedianya sarana yang representatif, (b) adanya dukungan dari kepala sekolah dan guru, (c) kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan agama; dan (d) adanya dukungan dari alumni kerohanian siswa (rohis). Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) kondisi siswa yang sudah lelah setelah mengikuti kegiatan intra-kurikuler, (b) waktu yang terlalu pendek; dan (c) latar belakang kehidupan orang tua dan lingkungan yang berbeda-beda. date: 2010-11-25 date_type: published pages: 119 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fajar Asrori, NIM.: 06410074 (2010) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMP DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64139/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64139/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf