eprintid: 6414 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/14 datestamp: 2023-07-26 03:28:21 lastmod: 2023-07-26 03:29:40 status_changed: 2012-05-04 16:50:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI SUPRIHATININGSIH, NIM.: 06600006 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Metode PQ4R, Hasil Belajar Siswa. note: Pembimbing: 1. Much Abrori, M.Kom. 2. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode PQ4R dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok pada pokok bahasan teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen, normal dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata. Sehingga diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi dan gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok pokok bahasan teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pada tabel Independent Samples Test bahwa thitung ttabel yaitu 2,317 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 0,050. div date: 2011-09-15 date_type: published pages: 82 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-15 14:45:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitisuprih-6416-1-sitisup-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--sitisuprih-6416-1-sitisup-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=7079 ; nama file lama : SITI SUPRIHATININGSIH - NIM. 06600006 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 904451 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-15 14:45:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sitisuprih-6416-1-sitisup-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--sitisuprih-6416-1-sitisup-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=7079 ; nama file lama : SITI SUPRIHATININGSIH - NIM. 06600006 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 904451 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SITI SUPRIHATININGSIH, NIM.: 06600006 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6414/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7%C2%B7.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6414/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf