eprintid: 64147 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/41/47 datestamp: 2024-02-28 06:40:47 lastmod: 2024-02-28 06:40:47 status_changed: 2024-02-28 06:40:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ida Laely Yatin, NIM.: 03420261 title: STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) note: Pembimbing: Drs.H. Adzfar Ammar M.A abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis KTSP di MIN Tempel dan faktor-faktor pendukung serta penghambat perencanaan pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di MIN Tempel Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dibuat oleh guru Bahasa Arab setiap awal semester untuk beberapa kali pertemuan. Perencanaan yang dibuat oleh guru meliputi perencanaan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi analisis kompetensi dasar, analisis alokasi waktu, program tahunan, program semesteran, dan catatan harian. Silabus dan RPP disusun sesuai dengan model KTSP dari kantor Departemen Agama dengan komponen-komponen yang meliputi: identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, sumber belajar dan alokasi waktu. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis KTSP ini adalah adanya dukungan yang penuh dari kepala sekolah dan orang tua, tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan guru Bahasa Arab yang berbeda dengan pelajaran yang diampu, kurang tersedianya waktu yang cukup untuk guru Bahasa Arab dalam membuat perencanaan pembelajaran disebabkan banyaknya jatah jam mengajar yang dibebankan, dan tidak adanya guru Bahasa Arab lain di MIN Tempel sehingga guru tidak memiliki perbandingan dan tidak mendapatkan masukan dalam pembuatan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab. date: 2010-11-24 date_type: published pages: 142 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ida Laely Yatin, NIM.: 03420261 (2010) STUDI TENTANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KTSP DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64147/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64147/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf