eprintid: 6415 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/64/15 datestamp: 2023-07-26 02:56:12 lastmod: 2023-07-26 02:57:09 status_changed: 2012-05-04 16:50:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI HANDAYANI, NIM.: 07680003 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Model Pembelajaran, Active Knowledge Sharing, Motivasi Belajar, Pemahaman Biologi, Keefektifan. note: Pembimbing: Drs. Sudjoko, M. S. abstract: ABSTRAK Knowledge Sharing dalam pembelajaran biologi yang dalam pelaksanaannya diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman biologi siswa. Kesimpulan ditarik dari data-data kasus pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment)dengan desain Pre test-Post test Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII program layanan regular. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif berupa persentase untuk data motivasi belajar siswa dan analisis inferensial berupa uji t berpasangan (Paired Samples t Test) untuk data pemahaman biologi siswa yang dilihat berdasarkan gain score dari nilai pre test dan post test. Besarnya efektifitas pemahaman biologi siswa dihitung dengan gain dinormalisasi (g) yang dirumuskan R. R. Hake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dengan Active Knowledge Sharing lebih efektif dibanding pembelajaran secara konvensional (ceramah) yaitu terlihat dari peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan peningkatan rata-rata gain score pemahaman biologi siswa. Rata-rata persentase motivasi belajar siswa kelompok kontrol 59,76% meningkat menjadi 67,16% pada kelompok eksperimen. Hasil perhitungan dengan uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan gain score secara signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen yaitu Sig (2-tailed) = 0,027 dan t = -2,332. Berdasarkan hipotesis yang diajukan dengan uji dua pihak dan level kepercayaan 95% atau alpha 5%, nilai [t hitung] = 2,332 t tabel = 2,045 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,027 0,05= 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Active Knowledge Sharing lebih efektif daripada konvensional dalam meningkatkan pemahaman biologi siswa. Besarnya keefektifan ditunjukkan dengan nilai gain dinormalisasi (g) sebesar 0,3 yang termasuk kategori sedang (medium). Hubungan antara motivasi dan pemahaman yang dihitung dengan Chi Kuadrat pada cx= 0,05, menunjukkan 2-hitung?= 5,30 2-tabel= 3,84. Hal ini berarti ada ketergantungan antara motivasi dan pemahaman. div date: 2011-09-15 date_type: published pages: 159 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-09-15 14:56:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srihandaya-6417-1-srihand-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--srihandaya-6417-1-srihand-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7080 ; nama file lama : SRI HANDAYANI - NIM. 07680003 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 971738 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-09-15 14:56:20 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srihandaya-6417-1-srihand-g.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/129/digilib-uinsuka--srihandaya-6417-1-srihand-g.pdf ; url download server lama : /download.php?id=7080 ; nama file lama : SRI HANDAYANI - NIM. 07680003 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 971738 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI HANDAYANI, NIM.: 07680003 (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6415/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6415/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf