<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010"^^ . "Penelitian ini dilatar belakangi guru PAI di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang\r\nmelihat siswa saat pembelajaran dengan metode yang biasa cenderung terlihat\r\nbosan, malas, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran. Dengan kata lain, siswa\r\nterlihat tidak aktif dan hanya pasif dalam mengikuti pembelajaran PAI. Kenyataan\r\ninilah yang mendorong ibu Nur Imanah, guru PAI di SMP Negeri 4 Yogyakarta,\r\nuntuk membuat inovasi pembelajaran agar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam\r\nmengikuti pembelajaran PAI. Guru PAI menerapkan Model Pembelajaran\r\nCooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), yang\r\ndiharapkan mampu menjadi alternatif model pembelajaran yang bisa menjangkau\r\ntidak hanya ranah kognitif siswa, tetapi juga ranah afektif siswa. Dengan demikian\r\nPendidikan Agama Islam bisa menjadi pedoman hidup yang tercermin dalam\r\npengamalan keagamaan siswa sehari-hari. Permasalahan yang menjadi fokus\r\npenelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses penanaman ranah afektif melalui model\r\npembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dalam pelajaran PAI di kelas VIII\r\nSMP Negeri 4 Yogyakarta? (2) Bagaimana hasil penanaman ranah afektif dari\r\npembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran “Cooperative\r\nLearning” tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta? Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman ranah afektif melalui model\r\npembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dan hasil penanaman ranah afektif\r\npembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP\r\nNegeri 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara,\r\ndokumentasi, dan skala sikap. Analisis data dengan memberikan makna terhadap\r\ndata yang telah dikumpulkan, lalu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data\r\ndengan triangulasi data, yaitu menggunakan sumber ganda dan metode ganda.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penanaman ranah afektif melalui\r\nmodel pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD dalam pelajaran PAI di\r\nkelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta dilakukan melalui 3 tahap, yaitu: penetapan\r\ntujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penanaman ranah\r\nafektif dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Sedangkan\r\nunsur-unsur utama pelaksanaan STAD yang dipraktekkan guru PAI, yaitu:\r\npresentasi kelas, pembentukan tim, penataan ruang kelas, presentasi tim, dan\r\npenghargaan kelompok. (2) Hasil penanaman ranah afektif dari pembelajaran PAI\r\ndengan menggunakan model pembelajaran “Cooperative Learning” tipe STAD\r\nsecara umum telah terlihat baik, mulai dari tingkat penerimaan, partisipasi,\r\npenilaian, organisasi, sampai tingkat pembentukan pola. Penilaian ranah afektif\r\ntingkat penerimaan, partisipasi, dan penilaian diarahkan pada sikap siswa terhadap\r\npelajaran PAI dan model pembelajaran yang digunakan guru PAI. Sedangkan\r\npenilaian ranah afektif tingkat organisasi dan pembentukan pola diarahkan pada\r\nseberapa besar materi telah tertanam pada diri peserta didik."^^ . "2010-07-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 03410190"^^ . "Miftakhu Kusnul Yakin"^^ . "NIM.: 03410190 Miftakhu Kusnul Yakin"^^ . . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Text)"^^ . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #64151 \n\nPENANAMAN RANAH AFEKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Metode Pembelajaran" . .