TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A. ID - digilib64159 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64159/ A1 - Sulsin Jamilatusoleha, NIM.: 21204032017 Y1 - 2023/10/18/ N2 - Di zaman sekarang ini minimnya pengetahuan bahasa Jawa yang tidak sesuai dengan unggah ungguh bahasa yang berdampak pada masa depan bahasa Jawa itu sendiri. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa jawa krama perlu dibiasakan sejak anak usia dini. Dengan adanya pembelajaran pembiasaan berperilaku sopan santun berdasarkan bahasa jawa krama atau bahasa Jawa (daerah) sehari-hari agar unggah ungguh perilaku sopan santun melalui bahasa tidak hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahasa anak melalui buku cerita bergambar untuk mengembangkan perilaku sopan santun berbasis bahasa Jawa Krama Inggil pada anak usia dini (TK) untuk dijadikan pedoman pembelajaran bahasa jawa krama. Penelitian ini menggunakan Teknik R&D dengan model dick and carey menjadi lima proses tahapan yaitu, analisis kebuhutuhan, analisis materi, pengembangan produk, validasi oleh ahli dan uji coba. pengumpulan data dengan observasi, wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah dan guru dan angket dilakukan oleh ahli validasi. Hasil studi kelayakan dari ahli bahasa mendapat skor 97%, ahli media mendapat persentase 85%, ahli materi I mendapat skor 92%, ahli materi II mendapat skor 98%. Skor presentasi berada pada kategori layak. Data hasil penelitian diperoleh dari uji coba kepada ahli bahasa, ahli media, ahli materi dan diuji keefektifannya dengan tes skala kecil lima anak dan tes skala besar dengan jumlah 20 anak di TK Masyithoh. Nilai ini dikategorikan sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar perilaku sopan santun berbasis Bahasa Jawa Krama Inggil layak digunakan dalam pembelajaran bahasa anak usia dini. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Buku Cerita Bergambar KW - Sopan santun KW - Bahasa Jawa Krama Inggil M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR ?PERILAKU SOPAN SANTUN? BERBASIS BAHASA JAWA KRAMA INGGIL AV - restricted EP - 41 ER -