eprintid: 64162 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/41/62 datestamp: 2024-02-29 01:48:35 lastmod: 2024-02-29 01:48:35 status_changed: 2024-02-29 01:48:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Presti Murni Setiat, NIM.: 06470013 title: LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM ispublished: pub subjects: in_klusif divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Inklusi, Kependidikan Islam, Ayat-Ayat Al Qur'an note: Pembimbing: Muh. Agus Nuryatno MA. PhD abstract: Idealisme pendidikan untuk semua telah memunculkan faham pendidikan inklusi, yaitu sebuah system pendidikan dimana kurikulum yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Perjuangan mewujudkan pendidikan untuk semua telah tertuang dalam beberapa landasan konvensional baik nasional maupun internasional, dan penelitian-penelitian tentang pendidikan inklusi pun telah banyak dilakukan, namun penelitian tentang pendidikan inklusi dalam perspektif Islam belum banyak dilakukan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengkaji lebih dalam tentang muatan pendidikan inklusi dalam Al- Qur’an dan AL-Hadits. Sedangkan kontribusi keilmuan dari penelitian ini adalah bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan khususnya dalam merumuskan landasan religious pendidikan inklusi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka atau library research dimana sumber data adalah berupa dokumen-dokumen tertulis tentang pendidikan inklusi dalam Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dimana hasil penelitian tidak diuraikan dalam bentuk angka atau gambar yang berhubungan dengan statisktk akan tetapi disajikan dalam bentuk diskriptif atau penjelasan terhadap topik / tema yang berhubungan dengan pendidikan inklusi dalam landasan normatif Islam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik dimana logika linguistik digunakan dalam menelaah makna pada suatu ayat. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu pengumpulan dokumen-dokumen tertulis tentang pendidikan inklusi dalam Islam. Adapun analisis data dilakukan secara induktif dimana analisis dilakukan dengan cara mengaitkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan pendidikan inklusi. Penelitian ini menghasilkan dua fokus penting yaitu ayat-ayat yang support terhadap pendidikan inklusi dan ayat-ayat kontradiktif terhadap pendidikan inklusi. Ayat-ayat yang berbicara tentang pendidikan inklusi merupakan ayat-ayat yang dijadikan sebagai landasan normatif pendidikan inklusi dalam Islam. Sedangkan ayat-ayat yang kontradiktif terhadap pendidikan inklusi dianalisis sehingga dipahami bagaimana tafsir dari ayat tersebut date: 2010-12-02 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Presti Murni Setiat, NIM.: 06470013 (2010) LANDASAN NORMATIF PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64162/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64162/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf