eprintid: 64164 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/41/64 datestamp: 2024-02-29 02:02:33 lastmod: 2024-02-29 02:02:33 status_changed: 2024-02-29 02:02:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Purisa Agung. P, NIM.: 07420049 title: KOMPETENSI GURU PROFESIONAL ( KASUS : GURU BAHASA ARAB DI MAN SE-KOTA YOGYAKARTA ) ispublished: pub subjects: pba subjects: pend_komp divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Problematika Guru, Bahasa Arab, Kompetensi Guru note: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim, M.Si abstract: Skripsi yang diangkat penulis memiliki latar belakang yang cukup hangat diperbincangkan dikalangan masyarakat pada umumnya dan dikalangan guru, khususnya guru bidang studi bahasa Arab. Disini penulis meneliti bagaimana realita guru profesional di Madrasah dengan melihat beberapa ketentuan, apakah guru yang diteliti telah memenuhi standar kompetensi guru profesional menurut Undang-Undang Guru dan Dosen. Untuk itulah penulis meneliti lebih lanjut tentang beberapa kompetensi yang dimiliki oleh para guru bahasa Arab di MAN se-Kota Yogyakarta ( MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta II ). Adapun penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui bagaimana idealnya seorang guru bahasa Arab yang telah memenuhi kompetensi guru profesional di MAN se-Kota Yogyakarta, selain itu juga untuk mengetahui bagaimana realita keprofesionalan guru bahasa Arab yang telah memenuhi kompetensi guru profesional di MAN se-Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data untuk melengkapi dan menyempurnakan antara data yng satu dengan yang lain, antara lain dengan metode observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan triangulasi data. Dengan metode analisis data berupa analisis data deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data yang bukan angka-angka dengan cara menguraikan data apa adanya, kemudian dianalisa dengan bertitik tolak pada data tersebut kemudian dicari jalan keluarnya dengan metode deduktif dan induktif analitis. Dan subyek penelitian yang penulis ambil ialah Guru bahasa Arab di MAN Yogyakarta I ( Drs. Moh. Nawawi, M.Si ) dan Guru bahasa Arab di MAN Yogyakarta II ( Muthmainnah, S.Pd ), karena subyek telah lolos uji dan memiliki predikat sebagai Guru Profesional di Madrasah masingmasing. Di dukung dengan sumber penelitian dari Kepala Madrasah dan beberapa siswa Madrasah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara akademis, guru bahasa Arab di MAN se-Kota Yogyakarta telah memenuhi standar dan syarat sebagai guru profesional, yaitu dilihat dari latar belakang pendidikan yakni memiliki ijazah strata satu (S1) dengan mengacu pada 4 kompetensi guru yang telah dimiliki oleh masing-masing guru bahasa Arab di setiap Madrasah. Keempat kompetensi tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar yang dikelola. date: 2010-11-15 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Purisa Agung. P, NIM.: 07420049 (2010) KOMPETENSI GURU PROFESIONAL ( KASUS : GURU BAHASA ARAB DI MAN SE-KOTA YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64164/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64164/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf