@phdthesis{digilib64173, month = {December}, title = {UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR?AN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGAH IMOGIRI BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 08410230? E Siti Kholifah}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs.Sabarudin, M. Si}, keywords = {Baca Al-Qur?an, Metode Pembelajaran, PAI}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64173/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah di SD Muhammdiyah Karangtengah Imogiri Bantul telah diadakan upaya peningkatan kualitas baca Al-Qur?an, yang dilakasanakan pada pagi hari yaitu jam ke nol, sejak masuk di kelas satu, dengan demikian seharusnya anak lebih cepat dapat membaca Al-Qur?an. Dalam kenyataannya siswa siswi di SD Muhammadiyah ketika sampai di kelas enam, belum semuanya dapat membaca Al-Qur?an dengan baik. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah upaya apa yang dilakukan untuk meningkatan kualitas baca Al-Qur?an, Bagaimana pelaksanaan peningkatan kualitas baca Al- Qur?an dan faktor apa yang mendukung dan menghambat upaya peningkatan kualitas baca Al-Qu?an di SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri. Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan dalam upaya peningkatan kualitas baca Al-Qur?an di SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri, serta kendala kendala yang di hadapinya. Hasil penelitian ini di harapkan dapat di pergunakan untuk menyempurnakan dalam upaya peningkatan kualitas baca Al-Qur?an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil kelas SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan pengamatan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan, dan dari makna itulah di tarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu dengan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Upaya peningkatan kualitas baca Al- Qur?an di SD Muhammadiyah Karangtengah Imogiri di masukkan pada kegiatan ekstra kurikuler, (2) Proses pelaksanaan peningkatan kualitas baca Al-Qur?an yaitu pada pagi hari sebelum kegiatan belajara mengajar di mulai, (3) Kendala kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas baca Al-Qur?an tersebut adalah (a) tidak idealnya antara jumlah siswa dan jumlah ustadz yaitu 1:15, (b) tidak tercukupinya sarana dan prasarana, (c) pendanaan yang masih sangat kecil yaitu enam ratus ribu rupiah tiap bulan untuk enam orang ustadz, dan (d) kejenuhan yang dialami oleh siswa karena metode pembelajaran yang monoton, dan (4) faktor yang mendukung dalam upaya peningkatan kualitas baca Al- Quur?an yaitu adanya dukungan dari berbagai pihak antara lain (a) dukungan dari sekolah berupa semua guru selalu mendampingi ustadz/ustadzah dalam melaksanakan tugas, (b) dukungan dari wali murid berupa dana rutin setiap bulannya, dan (c) dukungan dari dewan sekolah berupa sumbangan pemikiran dan dana untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.} }