%A NIM.: 08410262-E Siti Nasriyah %O Pembimbing: Drs. Usman, S.S, M.Ag %T UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK AL-KHAIRAAT TEGALREJO %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa semua siswa di TK IT Al- Khairaat Tegalrejo itu mempunyai kesempatan yang sama dalam memperoleh pembelajaran. Namun kenyataannya tidak semua siswa bisa menerima atau menangkap dengan mudah apa yang ada dalam pembelajaran itu, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar apa saja yang dialami, faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar dan Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar apa saja yang dialami, faktor penyebab dan upaya guru dalam mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK IT Al-Khairat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pola berfikir induktif dan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode Trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesulitan belajar yang dialami siswa adalah dalam muroja’ah (hafalan), menulis, membaca dan berhitung. (2) Faktor yang mempengaruhi adalah karena siswa kurang sehat, karena sakit, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, dan terbatasnya pengetahuan orang tua terhadap pendidikan. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan home visit, memberikan pekerjaan rumah (PR), memberikan reward, privat, dan kegiatan ekstra kurikuler %K Kurikulum, Kesulitan Belajar, Pendidikan Taman Kanak-Kanak %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64175