eprintid: 64181 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/41/81 datestamp: 2024-02-29 04:03:25 lastmod: 2024-02-29 04:03:25 status_changed: 2024-02-29 04:03:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sukisno, NIM.: 08480041-E title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Evaluasi Bahasa Indonesia note: Pembimbing: Imam Masarum, S.Pd.M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan media kartu kata pada siswa kelas I MI Ma’arif sangon. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, menentukan metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui media kartu kata. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I MI Ma’arif sangon ajaran 2010/2011 sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan tindakan kelas, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan prosentase skor dan analisis kualitatif berupa interpretasi data observasi. Tindakan dilaksanakan dengan cara siswa diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan media kartu kata melalui kegiatan belajar yang terstruktur. Pengumpulan data diperoleh melalui metode test, observasi, dan dokumentasi yang dilaksanakan mulai bulan April hingga Nopember. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam penggunaan media kartu kata telah meningkatkan keterampilan membaca, sikap mereka terhadap pelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca berada dalam kategori tinggi. (2) Peningkatan keterampilan membaca siswa ditunjukkan oleh indikator yaitu ratarata kelas meningkat dari 61,87 menjadi 87,5. (3) Penggunaan kartu kata menjadikan siswa aktif, kreatif, mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Dengan melihat kondisi dan permasalahan yang sama, peneliti menyarankan dalam pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif, kreatif, dan pengalaman belajar yang menyenangkan, guru dapat memberikan kegiatan yang merangsang keinginan siswa dan mengkomunikasikan dalam bentuk kegiatan membaca. date: 2010-11-30 date_type: published pages: 151 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sukisno, NIM.: 08480041-E (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SANGON SANGON II KALIREJO KOKAP KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64181/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64181/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf