@phdthesis{digilib64184, month = {December}, title = {ANALISIS DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MIN 3 BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104080031 Erviana Rahma Yunnisa.}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.}, keywords = {TikTok; perkembangan sosial; emosional siswa; konten}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64184/}, abstract = {TikTok sebagai salah satu aplikasi media sosial yang menawarkan cara mudah dalam pembuatan video berdurasi pendek dengan efek menarik dan kreatif. Telah mencapai tingkat popularitas sangat tinggi terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial dan emosional siswa kelas IV di MIN 3 Bantul yang memiliki kebiasaan menggunakan aplikasi TikTok. Berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi pra-penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV MIN 3 Bantul merupakan pengguna aktif aplikasi TikTok. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif sehingga hasil penelitian berbentuk teks deskriptif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa (1) Perkembangan sosial siswa kelas IV MIN 3 Bantul yang memiliki kebiasaan menggunakan aplikasi TikTok dalam beberapa aspek (a) Self Help General siswa sudah mampu bersikap mandiri dan tanggung jawab untuk merapihkan tempat tidur dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui kreativitas yang dihasilkan dari konten video TikTok (b) Self Help Dressing telah terpenuhi, meskipun sering kali termotivasi dari TikTok (c) Self Help Eating sudah baik, namun orang tua perlu mengajarkan pada siswa kelas IV untuk menggunakan TikTok secara bijak (d) Self Direction tercapai, meskipun terdapat pengaruh dari teman ataupun TikTok (e) Self Socialization masih memerlukan perhatian ekstra dalam mengelola dan memahamkan kepada siswa kelas IV dalam penggunaan TikTok untuk menjaga kesehatan mental (f) Occupation siswa mampu menghasilkan karya seni yang terinspirasi dari TikTok (g) Communication kemampuan verbal siswa masih kurang sehingga siswa diharapkan dapat memanfaatkan TikTok sebagai alternatif untuk berkomunikasi sebagai mana mestinya (h) Lokomotion kemampuan siswa kelas IV disini terbatas masih memerlukan pendampingan dari orang tua terkhusus dalam penggunaan gadget dan TikTok. Dalam (2) Perkembangan emosional siswa kelas IV MIN 3 Bantul yang memiliki kebiasaan menggunakan aplikasi TikTok disini sudah baik. Namun dalam hal mengelola emosi, mengungkapkan amarah dengan tepat serta mengendalikan perilaku agresif yang dapat merusak diri dan orang lain pada siswa kelas IV MIN 3 Bantul ini masih kurang dan perlu adanya bimbingan dari orang tua dan juga guru.} }