%0 Thesis %9 Skripsi %A Vicki Ulya, NIM.: 06420063 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2010 %F digilib:64188 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Buku Ajar Bahasa Arab, Pembelajaran Kontekstual, Media Pembelajaran %P 127 %T ANALISIS MATERI BUKU AJAR BAHASA ARAB AL-‘ARABIYYATU LAKA KARANGAN PROF. DR. A. FAHRURROZI, M.A. UNTUK MADRASAH ALIYAH KELAS XII (DITINJAU DARI KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64188/ %X Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan pendidikan akan buku ajar yang baik dan sesuai dengan kurikulum saat ini. Pendekatan kontekstual yang merupakan ruh dari KTSP, seharusnya dipakai sebagai landasan untuk menyusun buku ajar yang baik. Oleh karena itu, buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka yang menyatakan bahwa penyusunannya dengan menggunakan pendekatan kontekstual, perlu dikaji kesesuaiannya dengan prinsip pendekatan kontektekstual itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian konsep penyusunan materi buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka untuk Madrasah Aliyah kelas XII karya Prof. Dr. A. Fahrurrozi, MA dengan konsep pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan salah satu komponen pembelajaran yakni bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber primernya yaitu buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka untuk Madrasah Aliyah kelas XII karya Prof. Dr. A. Fahrurrozi, MA. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian ditarik sebuah kesimpulan berdasarkan teori-teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi buku ajar Al-‘Arabiyyatu Laka kelas XII telah sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual, yaitu terlihat dari kesesuaian komponen-komponen yang ada di dalam buku ajar dengan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. %Z Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag