%A NIM.: 08410247-E Zunaryati %O Pembimbing: Dr.H.Sumedi M.Ag %T PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK KARIMAH SISWA SD PENGKOK , PATUK, GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2008 /2009 %X Sekolah Dasar Negeri Pengkok, Patuk, Gunungkidul dalam rangka mewujudkan visi dan misinya dan tujuan pendidikannya berupaya membentuk siswa yang Unggul dalam Prestasi, Berbudi Pekerti, dan Bertaqwa kepada Ilahi.Problem yang menarik untuk diteliti dalam penelitian ini yang mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak siswa pada tahun pelajaran 2008/2009 dirasakan masih belum mencapai hasil yang sesuai dengan harapan. Pembelalajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri Pengkok untuk membentuk akhlak yang mulia menggunakan beberapa metode pengajaran, yaitu dengan nasehat yang baik, keteladanan, pembiasaan, pemberian reward and punishment (ganjaran dan hukuman), perhatian,dan pemberian teguran atau peringatan.Dalam prakteknya pendidikan terhadap akhlak siswa yang paling efektif adalah dengan metode keteladanan dari guru dan semua yang terkait dengan pendidikan. Pendidikan agama di sekolah ini mendapatkan resepon yang amat positif dari siswa, namun belum mampu mewujudkan kepribadian siswa yang maksimal. Hal ini disebabkan banyak kendala yang dihadapi yaitu : jam pendidikan Agama Islam di SD N Pengkok sangat terbatas karena hanya dua jam satu minggu, pengaruh pergaulan di masyarakat yang tidak baik, pengaruh tayangan media baik cetak maupun elektronik tentang budaya-budaya yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, minat orang tua siswa untuk memotivasi anaknya dalam pelajaran Agama Islam masih rendah, dan perhatian sekolah dan orang tua siswa lebih terfokus pada pelajaran-pelajaran yang diujikan secara nasional. Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah ini sebetulnya jika berhasil dengan dengan baik akan mengangkat derajat dan simpati masyarakat,sebab jika akhlak para siswa baik, mereka juga dapat mendapatkan kejuaran dalam bidang lomba keagamaan, maka para orang tua akan lebih tertarik dan memberikan kepercayaan yang lebih banyak kepada sekolah.namun sebaliknya, jika akhlak siswa merosot maka minat orang tua dan masyarakat akan menurun. Terobosan yang dapat dilakukan oleh sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak siswa yang baik adalah mengefektifkan pembelajaran PAI, pendidikan moral lebih menekankan pada keteladanan, menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua siswa dalam pengawasan dan perilaku siswa, dan mendorong para siswa untuk menambah pengetahuan agama di luar sekolah dengan masuk di pendidikan nonformal keagamaan. %K Kompetensi Guru, PAI, Pembentuk Akhlak Karimah %D 2010 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib64191