TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Jauhar Hatta, S.Ag, M.Ag ID - digilib64194 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64194/ A1 - Asti Nur Pratiwi, NIM.: 19104080014 Y1 - 2023/12/12/ N2 - Latar belakang penelitian ini berangkat dari adanya relevansi antara kemampuan menghafalkan Al-Qur?an dengan kecerdasan seseorang. Semakin banyak ayat-ayat Al-Qur?an yang dihafalkan, maka akan semakin unggul kecerdasannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana perbandingan prestasi belajar kognitif antara kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang pada mata pelajaran matematika kelas IV MI VIP PESAWAT, 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang pada mata pelajaran matematika kelas IV MI VIP PESAWAT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes, dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait prestasi belajar kognitif matematika dan perolehan hafalan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar kognitif siswa kelas tahfidz tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas tahfidz sedang, nilai rata-rata kelas tahfidz tinggi sebesar 69,86 sedangkan kelas tahfidz sedang dengan rata-rata 59,33. 2) terdapat perbedaan antara prestasi belajar kognitif kelas tahfidz tinggi dengan kelas tahfidz sedang, selisih nilai rata-rata dari kedua kelas tersebut adalah 10,53. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - prestasi belajar kognitif; kelas tahfidz; materi pecahan. M1 - skripsi TI - PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANTARA KELAS TAHFIDZ TINGGI DENGAN KELAS TAHFIDZ SEDANG PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI VIP PESAWAT (PESANTREN AL-QUR?AN WATES) KULON PROGO AV - public EP - 121 ER -