@phdthesis{digilib64204, month = {August}, title = {ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MAH{\=A}RAH AL-QIR{\=A}?AH PADA SISWA KELAS VII PROGRAM KHUSUS MTS NEGERI 6 KLATEN TAHUN AJARAN 2021/2022}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104020048 Nur Syarifah Hidayati}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I, M.Pd.I.,}, keywords = {Qira'ah; bahasa arab; kesulitan belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64204/}, abstract = {Penelitian ini berangkat dari adanya problematika pada proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah bagi siswa kelas VII program khusus di MTs Negeri 6 Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitankesulitan yang dialami siswa dalam belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah, faktor-faktor penyebab kesulitan siswa belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah, dan upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII program khusus sejumlah 10 siswa, guru bahasa Arab dan wali kelas VII program khusus. Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah adalah kesulitan membaca teks Arab, kesulitan menguasai kosakata bahasa Arab, dan kesulitan menerjemahkan teks Arab. Adapun faktor penyebab siswa kesulitan belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, sikap belajar siswa yang tidak tertib dan disiplin, serta latar belakang siswa berasal dari SD Negeri. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari pihak keluarga, metode pembelajaran guru kurang tepat, lingkungan masyarakat tidak mendukung, media pembelajaran tidak sesuai, kurikulum pembelajaran tidak tepat, dan kurangnya alokasi waktu pembelajaran. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan siswa belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, melatih komunikasi berbahasa Arab, memberikan latihan mufrad{\=a}t, serta menyampaikan materi na{\d h}wu dan {\d s}arf dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Sedangkan upaya yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengatasi kesulitan belajar mah{\=a}rah al-Qir{\=a}?ah yaitu membaca teks bahasa Arab di luar jam pelajaran, bertanya kepada guru, dan berlatih menerjemahkan teks bahasa Arab.} }