TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Thaqibul Fikri Niyartama M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M.Pd. ID - digilib6421 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6421/ A1 - SRI SUSANTI, NIM.: 04461133 Y1 - 2011/09/23/ N2 - ABSTRAK fisika kelas XII yang kaitannya dengan pengintegrasian nilai iman dan taqwa dalam pembelajaran fisika di SMA Islam Parlaungan, MA Darul Ulum, dan MA Miftahul Ulum; 2) pengaruh pengintegrasian nilai iman dan taqwa pada pembelajaran fisika kelas XII terhadap perilaku siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, dengan mengambil sampel SMA Islam Parlaungan, MA DarulUlum, dan MA Miftahul Ulum di Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas kompetensi guru fisika kelas XII yang menunjukkan kriteria Tinggi memiliki persentasi 18,16%, yang menunjukkan kriteria Sedang memiliki persentasi 79,75%, yang menunjukkan kriteria Rendah memiliki persentasi 2,09%; 2) pengintegrasian nilai iman dan taqwa dalam pembelajaran Fisika di SMA Islam Parlaungan, MA Darul Ulum, dan MA Miftahul Ulum memberikan pengaruh baik terhadap perilaku siswa. Perilaku-perilaku yang dinilai adalah: memulai perbuatan dengan nama Allah; berpikir dan berjiwa besar (thinking big); sikap mengasihi sesama (thinking deep); memiliki tujuan (visioner); memelihara prinsip (integrity); pedoman (action); penyempurnaan (evaluation and continuous improvement); ikhlas (sincerity). div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Integrasi KW - kompetensi guru KW - nilai-nilai IMTAQ KW - perilaku siswa. M1 - skripsi TI - IDENTIFIKASI KOMPETENSI PENGINTEGRASIAN NILAI IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) GURU FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AV - restricted EP - 177 ER -