eprintid: 64212 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/06/42/12 datestamp: 2024-03-04 03:47:59 lastmod: 2024-03-04 03:47:59 status_changed: 2024-03-04 03:47:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Malicha Zahrotunnisa, NIM.: 18104090023 title: INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: pen_isl divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: kurikulum; pesantren; prestasi sekolah note: Pembimbing : Dra. Wiji Hidayati M.Ag, abstract: Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap dikotomi ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan agama, dimana model pendidikannya menggabungkan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren. Dimana Pondok pesantren yang hanya dikenal sebagai lembaga penyelenggara pendidikan agama. Namun, belakangan ini sudah banyak pesantren yang mulai berkembang bahkan mendirikan lembaga pendidikan formal di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya integrasi kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren di SMP Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai metode penelitiannya. Sementara itu dalam proses menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dar tiga aktivitas analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan integrasi kurikulum di SMP Sains Al-Qur’an merupakan perpaduan dari kurikulum nasional dengan kurikulum pesantren. Dalam hal ini menggabungkan antara kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren pada proses pembelajarannya serta mata pelajarannya. (2) Penerapan kurikulum di SMP Sains dalam pembelajarannya bukan hanya kurikulum tunggal dari kemdikbud saja, namun juga memiliki kurikulum pesantren. SMP Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim memiliki beberapa program unggulan, dan inilah yang menjadi ciri khas pembeda antara SMP Sains dengan SMP lainnya. (3) integrasi kurikulum pada metode pembelajaran diimplementasikan dengan sistem pembelajaran yang klasikal, diantaranya yaitu sorogan, bandongan dan Project Based Learning. date: 2022-08-29 date_type: published pages: 115 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Malicha Zahrotunnisa, NIM.: 18104090023 (2022) INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DI SMP SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64212/1/18104090023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64212/2/18104090023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf